Tentang Kami

PENDAHULUAN

Kesadaran kita untuk saling berbagi, bersikap peduli terhadap segała penderitaan, kekurangan dan keterbatasan yang dialami saudara-saudara kita merupakan akhlak mulia yang diajarkan agama.

Sebagai hamba Allah yang beriman kita turut merasa menderita atau bersalah manakala kita memiliki dan merasakan kemudahan hidup dengan yang cukup, sementara di saat yang sama kita tahu di sekitar kita ada saudara, anak-anak kita. generasi-genarasi penerus bangsa dan agama yang mengalami kesulitan sekolah karena ketiadaan biaya untuk memenuhi sarana pendidikannya, bahkan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok saja terasa sulit.

Setitik cahaya menjadi harapan kita, terutama bagi anak-anak yatim dan dhu’afa, manakala naluri kesadaran kita, para tokoh agama dan masyarakat, para cendekiawan profesional, mahasiswa, pejabat pemerintah bahkan para pengusaha tergerak untuk melakukan amal nyata, mengulurkan tangan membantu memberikan sesuatu kepada yang berhak menerimanya.

Untuk itulah kami, pengurus Yayasan Shuffah Hizbulah/Pondok Pesantren Al-Fatah hadir sebagai jembatan para dermawan dalam upaya mewjudkan kepedulian terhadap sesama khususnya anak-anak yatim/piatu dan dhu’afa dengan membentuk suatu lembaga yang diberi nama Lembaga Penyantun Anak Yatim dan Dhu’afa (LPAYD) Al-Fatah.

LANDASAN PEMIKIRAN

A. Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Al-Qur’an Surat Al-Ma’un ayat 1 -7:

  • “Tahukan kamu orang yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaan bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dalam shalatnya, orang-orang yang berbuat riya’ dan enggan menolong dengan barang berguna.”

B. Sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Salam:

  • “Aku dan orang yang menanggung hidup anak yatim (kedudukannya) di syurga seperti ini, kemudian beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau serta agak ini, merenggangkan keduanya. (HR Bukhari No. 5304).
  • “Sebaik-baik rumah yang di dalamnya terdapat anak yatim yang diperlakukan dengan seburuk-buruk rumah adalah rumah yang di dalamnya terdapat anak yatinm baik dan yang diperlakukan dengan buruk atau diterlantarkan” (HR. Bukhari).
  • “Barangsiapa yang meletakkan tangannya di atas kepala anak yatim dengan penuh kasih sayang. maka Allah akan menuliskan kebaikan pada setiap lembar rambut yang disentuh tangannya (HR. Ahmad).

VISI DAN MISI

  1. Visi Menjadi lembaga penyantun anak-anak yatim dan dhu’afa serta penghubung para dermawan dalam mewujudkan kepedulian terhadap sesamanya, terutama anak-anak yatim/piatu dan dhu’afa sesuai petunijuk agama.
  2. Misi
    • Membantu anak-anak yatim dan dhu’afa dengan menjadikan skala prioritas memberikan pembiayaan agar menyelesaikan pendidikan formal sesual dengan jenjang pendidikannya dengan pemberian bantuan sarana dan prasarana (bea siswa dll)
    • Memberikan keterampilan yang memadai agar kelak dapat menjadi insan mandiri.
    • Memberikan bimbingan dan pembinaan agar menjadi pribad-pribadi yang cerdas berakh-laqui karimah, jujur dan amanah, bertanggung jawab terhadap diri dan lingkungannya serta berguna bagi agama dan bangsa.
    • Meningkatkan kesadaraan berzakat, infaq dan shadagah masyarakat melalui berbagai media atau bekerjasama dengan berbagai lembaga sosial yang ada.
    • Menyalurkan bantuan para dermawan/donator kepada yang berhak menerima. LEGALITAS . Lembaga Penyantun Anak Yatim dan Dhu’afa (LPAYD) Al-Fatah sebagai wujud pengamalan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala dan RasulNya, berada di bawah binaan Yayasan Shuffah Hizbullah Al-Fatah/Majelis Tarbiyah Pusat bersama lembaga-lembaga
  • a) Membantu anak-anak yatim dan dhu’afa dengan menjadikan skala prioritas memberikan pembiayaan agar menyelesaikan pendidikan formal sesual dengan jenjang pendidikannya dengan pemberian bantuan sarana dan prasarana (bea siswa dip) b) Memberikan keterampilan yang memadai agar kelak dapat menjadi insan mandiri. c) Memberikan bimbingan dan pembinaan agar menjadi pribad-pribadi yang cerdas berakh-laqui karimah, jujur dan amanah, bertanggung jawab terhadap diri dan lingkungannya serta berguna bagi agama dan bangsa. Meningkatkan kesadaraan berzakat, infaq dan shadagah masyarakat melalui berbagai media atau bekerjasama dengan berbagai lembaga sosial yang ada. e) Menyalurkan bantuan para dermawan/donator kepada yang berhak menerima.

LEGALITAS

  1. Lembaga Penyantun Anak Yatim dan Dhu’afa (LPAYD) Al-Fatah sebagai wujud pengamalan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala dan RasulNya, berada di bawah binaan Yayasan Shuffah Hizbullah Al-Fatah/Majelis Tarbiyah Pusat bersama lembaga-lembaga (pendidikan) lain yang Al-Fatah dikelola pengurus Pondok Pesantren Shuffah Hizbulah & Madrasah Al-Fatah
  2. Yayasan Shuffah Habuilah A-Fatah Cileungsi Bogor bergerak dalam bidang Sosial Pendidikan dan Agama didiikan dengan Akte Notaris Sakuri, SH No. 08 Tanggal 17 Maret 2006/Akte Perubahan No. 03 tanggal 07 Januan 2015 dan disahkan di Departemen Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) tanggal 16 Juni 2016 Nomor C-1210.HT 01.02. Tahun 2006, serta NPWP No. 02 509.960.9-403.000.
  3. Secara keseluruhan lembaga yang dikelola Yayasan Shuffah Hizbullah/Pondok Pesantren Al-Fatah adalah:
    1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
    2. Raudhatul Athfal (RA) Al-Fatah.
    3. Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fatah.
    4. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Fatah.
    5. Madrasah Aliyah (MA) Al-Fatah.
    6. Sekolah Tinggi Agama Islam (STA) Al-Fatah.
    7. Lembaga Penyantun Anak Yatim dan Dhu’afa (LPAYD) Al-Fatah
  4. Pendirian LPAYD disahkan dengan Surat Keputusan (SK) Ketua Yayasan Shuffah Hizbullah Al-Fatah normor : 003/YSHA/LPAYD-A/Ill/2015, tanggal 20 Jurmadil Awal 1436 H/ 11 Maret 2015.
  5.  

ALAMAT LEMBAGA

Lembaga Penyantun Anak Yatim dan Dhu’afa (LPAYD) Al-Fatah beralamat di Jl. Pesantren Al-Fatah RT 02/ RW 05 No. 044 Pasirangin Kec. Cileungsi, Kabupaten Bogor. Provinsi Jawa Barat Kode Pos: 16820 – Telp. (021) 82496953, 081315442020, 081213234337 081381315234, e-mail: lembagayatimalfatah@gmaiL.com. (Sekretariat sementara: Kantor Pimpinan Pandok Pesantren Al-Fatah).

NOMOR REKENING

Para dermawan/ Donatur yang akan menyalurkan bantuannya dapat dikirimkan melalui: Rekening BRI SYARIAH No. Rek. 1028 8530 48 a.n LPAYD Al-Fatah.

PENGURUS LEMBAGA

SUSUNAN PENGURUS LEMBAGA PENYANTUN ANAK YATIM DAN DHU’AFA (LPAYD) AL-FATAH

  1. PELINDUNG:
    • Prof. Dr. Ir. Achmad Ariffien Bratawinata, M.Agr ( Ketua Yayasan Shuffah Hizbullah Al-Fatah Pusat )
  2. PENASIHAT:
    1. H. Ahmad Zubaidi, BA, S.Pd (Ketua Tarbiyah Pusat)
    2. M. Tobri, S.Pd.I ( Ketua Markaz Shuffah Cileungsi )
  3. PENANGGUNGJAWAB:
    • Saeful Bahri S.Pd.I M.Pd ( Pengurus Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Cileungsi )
  4. KETUA:
    • Kamisan, ST.
    • Samsuri Mudawwam, ST. ( Wakil )
  5. SEKRETARIS:
    • Hasbi Ash-Shiddieqy, SE.
    • Cepi Maulana, S.Pd.I ( Wakil )
  6. BENDAHARA:
    • Agung Dwi Santoso, SE.
    • Nuryadin
    •  

DIVISI-DIVISI

  1. Pendidikan:
    • Fathurohman S.Sos
  2. Usaha dan Donatur:
    • Widi Cahyono
  3. Data dan Dokumentasi:
    • Faisal Abdeelah, ST.
  4. Humas:
    • Mukhidin
  5. Kesehatan:
    • dr. Djoko Wiyono, Sp. Kj.
    • Sudrajat
    • Nasrullah AM.
  6. Umum:
    • Rochmat
    • M. Shiddiq

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp